Preprint / Version 1

ANALISIS PERAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAMMENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDN KALANGREJO KECAMATAN KUNDURAN KABUPATEN BLORA

##article.authors##

  • Lestari Ema Anggara Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, Indonesia

Keywords:

Analisis, Supervisi Akademik, Kualitas Kinerja Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendiskripsikan analisis peran supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN Kalangrejo. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kalangrejo pada bulan Juli sampai dengan September 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menerapkan triangulasi metode yaitu wawancara, observasi dan penelitian dokumen, serta menerapkan triangulasi sumber yaitu mengambil informasi Kepala Sekolah, Para Guru dan Pengawas. Untuk memperkuat data ditambahkan informan Ketua Komite Sekolah dan Para Siswa. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa analisis supervisi akademik di Sekolah Dasar Negeri Kalangrejo telah dilaksanakan sesuai kaidah supervisi akademik yang menggunakan tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut.Kendala yang ditemukan dalam analisis supervisi akademik di Sekolah Dasar Negeri Kalangrejo antara lain kendala yang berkaitan dengan diri Kepala Sekolah  selaku supervisor, yang sering mendapatkan tugas tambahan dari dinas, berkaitan dengan guru selaku pihak yang disupervisi yang juga memiliki berbagai kesibukan dan kompetensi yang beragam, berkaitan dengan sarana prasarana yang masih kurang serta kendala lain tentang pembekalan menghadapi pelaksanaan kurikulum merdeka mengajar yang kurang maksimal, keterbatasan waktu pembelajaran dan kemampuan komunikasi pada diri siswa, yang menghambat guru dalam mengoptimalkan kualitas kinerjanya. Upaya yang ditempuh untuk mengatasi kendala-kendala tersebut dengan pengaturan ulang jadwal, mengikutsertakan guru dalam pelatihan, penganggaran sarana prasarana baru melalui dan BOS, serta membangun kerjasama yang baik dengan komite sekolah.

Downloads

Posted

2023-10-04